Wednesday, October 31, 2018

KAMPUNG WISATA GEOPARK UJUNG BULU’



Satu lagi daerah yang sedang berbenah untuk menjadi Kampung Wisata berbasis masyarakat, Dusun Ujung Bulu', Desa Bontolempangan, Kec. Bontoa, Kab. Maros.



Sadar akan potensi kampung mereka yang luar biasa, Pak Asmar Karlos, Ikram & warga Ujung Bulu' berinisiatif untuk memoles kampung mereka, hanya sedikit memoles karena potensi alam yang dimiliki sudah sangat mumpuni untuk menjadi magnet bagi wisatawan.


Berada di Kampung Wisata Geopark Ujung Bulu, serasa berada di Kampung Berua Rammang-rammang dan Leang-leang sekaligus, perpaduan antara dua destinasi di dalam satu kawasan. Ujung Bulu’, kampung yang tenang dan bersahaja, dikelilingi empang dan sawah, serta dibentengi tebing-tebing batu yang menjulang tinggi. Sementara goa-goa pra sejarah berjejer di sepanjang tebing batu. Bersahaja, sederhana, tenang, kearifan lokal, sejarah budaya, petualangan susur goa & istana karts adalah sebagian kecil yang ditawarkan.



Mau sekedar berkunjung di siang hari? Berteduh & bermalas-malasan di bawah rindang pohon sambil menikmati angin sepoi membawa aroma lumpur empang. Atau mau menginap? Bisa bawa tenda sendiri atau menumpang di rumah warga, bisa kok, warga sangat terbuka dengan pengunjung, tapi jangan lupa bawa ransum agar tidak memberatkan tuan rumah.

Kawasan Kampung Wisata Geopark Ujung Bulu’ sudah dilengkapi beberapa fasilitas seperlunya sebagai penunjang, diantaranya papan petunjuk, penerangan, jembatan, camping ground, serta jalan setapak yang teratur. Sementara ini Pak Asmar Karlos dan warga masih terus membenahi, menambah fasilitas-fasilitas pendukung lainnya, seperti rumah pohon yang sementara dibangun, kemudian tak lama lagi akan dibangun Kafe Baca, untuk memuaskan teman-teman yang gemar dengan kegiatan literasi.






Ujung Bulu' bisa diakses dengan kendaraan roda dua & roda empat, sekitar 3 km setelah jalan masuk ke Rammang-rammang atau sekitar 900 meter sebelum perbatasan Maros-Pangkep, di depan masjid Baitul Faizin belok kanan (dari arah Maros), susuri jalan Tangaparang sekitar 1,5 km sampai dapat pertigaan, nah belok kanan di jalan beton, sekitar 500 meter Anda akan sampai di ujung beton untuk memarkir kendaraan, selanjutnya dilanjutkan dgn berjalan kaki sekitar 400 meter menyusuri pematang empang untuk sampai di "Rumah Kita", rumah Pak Karlos. Selanjutnya? Silakan menikmati Kampung Wisata Geopark Ujung Bulu'..


Ujung Bulu’, Maros, 28 Oktober 2018

No comments: