Monday, January 13, 2014

Istilah-Istilah Dalam Dunia Traveling

Geliat dunia traveling semakin terasa akhir-akhir ini, semakin banyaknya pengguna social media sangat memungkinkan kita untuk saling berbagi informasi program traveling, destinasi dan lain sebagainya.
Nah, bagi sebagian orang mungkin masih asing dengan istilah-istilah yang sering digunakan dalam traveling maupun bidang pariwisata secara umum. Berikut ini penjelasan beberapa istilah yang mungkin sering ditemui saat anda melakukan kegiatan traveling.

Guesthouse
Guesthouse adalah rumah biasa yang sebagian kamar atau ruangannya disewakan kepada tamu. Pemilik guesthouse biasanya tinggal di bangunan yang sama dan pengelolaan guesthouse dilakukan oleh anggota keluarganya sendiri.

Homestay
Homestay hampir sama dengan guesthouse, namun tamunya tinggal dalam jangka waktu yang lama. Program homestay biasanya diikuti oleh mahasiswa atau pegawai yang sedang melaksanakan suatu pekerjaan/tugas di daerah tersebut.

Dormitory
Dormitory adalah salah satu tipe kamar yang disediakan guesthouse atau hostel. Penghuninya adalah beberapa orang yang belum saling mengenal sebelumnya. Biasanya, dormitory diisi beberapa orang yang tidur dalam ruangan yang sama. Penghuni dormitory dituntut toleransi yang sangat tinggi, seperti tidak merokok atau berisik di dalam ruangan. Dormitory sangat populer di kalangan backpacker karena tarifnya lebih murah.

Motel
Motel adalah hotel yang didesain untuk motoris. Lokasinya berada di pinggir jalan raya dan menyediakan tempat parkir yang luas untuk kendaraan tamunya. Motel biasanya digunakan orang-orang yang bepergian jauh menggunakan kendaraan pribadi. Mereka menggunakan motel sebagai tempat beristirahat sebelum kemudian melanjutkan perjalanannya kembali.

Hostel
Hostel adalah tempat menginap dengan fasilitas yang digunakan secara bersama oleh penghuninya, misalnya kamar mandi, ruang duduk dan dapur. Karena itu, penghuni hostel punya kesempatan lebih besar untuk bersoalisasi dengan tamu yang lain. Selain dormitory, hostel juga menyediakan kamar privat seperti layaknya hotel.

Pension
Ini hanyalah istilah lain untuk guesthouse. Kata “pension” sering digunakan di Turki atau negara-negara di sekitar laut Mediterania. Pemilik pension biasanya juga tinggal di bangunan yang sama.

Bed and Breakfast (B and B)
Tempat menginap yang menyediakan sarapan pagi dan tempat tidur. Penginapan jenis ini tidak memiliki restoran atau bar, hanya menyediakan makan pagi saja untuk tamunya. Bed and Breakfast biasanya penginapan kecil, jumlah kamarnya biasanya tak lebih dari 10 buah.

Hitchhiking
Istilah ini sering pula disebut thumbing, tramping, hitching, thumbing up a ride, atau autostop. Orang yang akan bepergian menuju ke tujuan yang sama atau paling tidak melalui jalur ke tempat tujuan menghentikan kendaraan yang lewat dengan mengacungkan jempol sebagai isyarat. Orang yang member tumpangan biasanya tidak memungut bayaran. Karena bisa menghemat biaya transportasi, cara ini sering digunakan backpacker. Hitchhiking sangat lazim di Amerika Utara dan Eropa, dan akhir-akhir ini mulai populer di Asia dan negara-negara berkembang.

Resort hotel
Hotel yang digunakan untuk liburan, lokasinya berada di pantai, pegunungan atau berdekatan dengan obyek wisata. Bentuk bangunannya biasanya landed house.

Business hotel
Lokasinya terletak di pusat kota dan lebih banyak digunakan pelaku bisnis. Karena harga tanah di pusat kota sangat mahal, bangunannya biasanya menjulang ke atas.

Boutique hotel
Fungsi dan fasilitasnya tidak berbeda dengan hotel biasa, namun boutique hotel membuat ciri khas tersendiri supaya berbeda dari jaringan hotel terkenal. Ciri khas itu antara lain desain bangunan dan interior yang unik serta pelayanan yang lebih personal.

Budget hotel
Budget hotel adalah hotel yang menyediakan tempat menginap dengan fasilitas terbatas. Karena tarifnya lebih murah, ukuran kamarnya lebih kecil, desainnya lebih sederhana, serta tipe kamar tertentu tidak memiliki jendela. Beberapa budget hotel mengharuskan tamunya membayar ekstra untuk menikmati fasilitas tambahan. Contoh budget hotel misalnya jaringan Tune Hotel, Value Hotel, Formule1 dan Holiday Inn Express.

Low cost carrier
Low cost carrier adalah maskapai penerbangan yang menyediakan layanan dengan fasilitas terbatas. Harga tiket yang tercantum hanya untuk terbang saja. Penumpang harus membayar ekstra untuk fasilitas tambahan, seperti makanan dan biaya bagasi. Contoh maskapai low cost carrier antara lain Air Asia, JetStar dan Tiger Airways.

Full service airlines
Berbeda dengan low cost carrier, layanan yang disediakan full service airlines lebih lengkap dan harga tiket yang tercantum sudah termasuk makanan, bagasi, asuransi dan lain-lain. Terbang dengan full service airlines dianggap lebih nyaman, namun harga tiketnya lebih mahal. Beberapa maskapai full service airlines antara lain Garuda Indonesia, Thai Airways dan Qatar Airways.

Restoran/Restaurant
Suatu tempat makan yang biasanya identik mewah dan besar yang di dalamnya menyediakan berbagai jenis hidangan makanan.

Reservasi/Reservation
Reservasi adalah suatu proses permintaan pemesanan kamar dan fasilitas lain yang diinginkan oleh calon tamu untuk periode tertentu.

Berkemah/ Camping
Salah satu jenis wisata yang identik dengan membangun tenda, yang lokasinya biasanya di alam liar ataupun lapangan.

Travel Agent
Sebuah biro perjalanan yang akan mengatur tentang semua keperluan perjalanan wisata kita.

Diving
Kegiatan menyelam didalam laut biasanya bertujuan untuk melihat dan menikmati keindaha bawah laut.

Wisata Bahari/Marine tourism
Adalah aktivitas wisata yang dikembangkan sebagai Tour Destination Object di beberapa destinasi laut dan kepulauan.

Ekowisata/Ecological tourism
Yaitu suatu model pengembangan pariwisata yang bertanggung jawab di daerah yang masih alami atau daerah-daerah yang dikelola secara kaidah alam untuk menikmati dan menghargai alam. Tetap mempertahankan kealamian lingkungan sekitar destinasi.

Snorkeling
Kegiatan berenang atau menyelam di sekitar permukaan air atau sampai ke beberapa meter di dalam perairan dengan hanya menggunakan peralatan berupa masker selam dan snorkel. Selain itu, penyelam sering mengenakan alat bantu gerak berupa fins (sirip selam) untuk menambah daya dorong pada kaki.

Demikian beberapa istilah dalam dunia traveling yang pasti sering kita jumpai. Istilah-istilah tersebut kami sadur dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat.

2 comments:

muhammad akbar said...

informasinya penting banget untuk newbie traveller seperti saya ini.

Salam blogger
www.indonesianholic.com

Hendra Surya said...

Mantap :)😂😂:)